Cara Perawatan Love Bird Pada Masa Kawin Bertelur dan Mengerami

Perawatan lovebird saat mulai masa kawin hingga bertelur samapai waktu mengerami sangatlah penting, mengapa begitu jika kita merawat love bird yang mulai masa kawin dengan benar maka love bird bisa bertelur dengan bagus banyak dan berisi. Kadang kala banyak peternak mengeluhkan lovebirdnya telurnya banyak namun yang menetas cuma 1 biji.

Berikut Cara Perawatan Love Bird Pada Masa Kawin.

1 Jaga selalu kebersihan kandang love bird. Dengan terjaganya kebersihan kandang, burung lovebird akan merasa nyaman juga terhindar dari penyakit. Jika merasa nyaman kemungkinan besar 100 ℅ telur hasil perjawinan love bird akan sempurna.

2 Selalu ganti air minum love bird setiap pagi dan bersihkan tempat air minum tersebut jangan sampai kotor berlumut seperti lendir. Penggantian air minum ini sangat penting untuk kesehatan burung lovebird agar terhindar dari penyakit dan cacingan.

3. Berikan makanan tambahan untuk meningkatkan birahi dan asupan gizi lovebird. Makanan seperti jagung muda kangkung toge sangat cocok diberikan pada masa kawin burung lovebird. Sebelum memberikan makanan tambahan alangkah baiknya anda cuci bersih dahulu makanan tersebut. Setelah 10 hari masa kawin lovebird biasanya akan bertelur.

4. Berikan makanan milet putih dan canary seed dengan takaran 2:1, canary seed yang banyak mengandung protein sangat cocok diberikan untuk burung lovebird yang masa kawin.

5 Anda bisa memberikan vitamin bredding tambahan buat lovebird pada masa kawin maupun bertelur. Bredding tambahan tersebut bisa anda dapatkan dari sekitar rumah contohnya rebusan tumbuhan krokot, selain sebagai bredding buat beternak lovebird krokot juga ampuh untuk bredding lovebird lomba agar ngekek panjang rapat.

6. Siapakan Unjal dan glodok kayu untuk sarang lovebird. Untuk glodok anda bisa membeli di toko pakan burung harga berkisar antara 15 - 30 ribu rupiah. Untuk unjal lovebird berupa serutan kayu biasanya di toko pakan butung juga disediakan perbungkus harga berkisar antara 5 ribu hingga 10 ribu. Kalau saya pribadi tidak membeli coba memanfaatkan barang2 sekitar rumah seperti klobot kulit jagung, kawul jerami padi, kayu kayu bekas saya masukkan kandang sudah di jadikan unjal sendiri oleh lovebird.

Perawatan Lovebird Pada Masa Bertelur dan Mengerami

Seperti yang saya jelaskan pada kutipan di atas bahwa 8 - 10 hari setelah kawin biasanya lovebird betina akan bertelur dan membuat sarang diglodok. Telur lovebird pada umumnya bisa mencapai 3 - 6 butir pada proses bertelur. Lovebird bertelur tidak langsung 3 - 6 butir dalam satu hari, proses bertelurnya bertahap sehari 1 mungkin besoknya lagi keluar telur dan seterusnya. Saat bertelur lovebird butuh perawatan khusus.

Cara Perawatan Love Bird Pada Masa Kawin Bertelur dan Mengerami

Berikut cara Perawatan lovebird pada masa bertelur dan mengerami

1. Pada masa bertelur dan mengerami hindari pemberian pakan pendongkrak birahi lovebird seperti kangkung, toge/camabah/capar, Kuaci dan Jagung. Cukup di kasih milet putih dan canary seed saja dengan takaran 2:1. Kenapa lovebird yang sedang mengerami tidak disarankan di beri pakan pendongkrak birahi takutnya birahi lovebird jantan menjadi tinggi dan menggangu lovebird betina yang sedang mengerami.

2. Ganti air minum lovebird juga bersihkan tempat minum lovebird setiap hari. Lovebird betina yang mengerami sesekali akan keluar glodok untuk makan minum mengepakan sayapnya juga merenggangkan otot2 nya, kadang juga mandi membasahi bulu sayap2nya  guna dia mandi adalah saat mengerami telur kelembaban agar tetap terjaga.


Cara Perawatan Love Bird Pada Masa Kawin Bertelur dan Mengerami


3. Hindari kebiasaan membuka glodok tempat bersarang lovebird ketika menerami. Bagi anda yang baru beternak lovebird pasti akan selalu penasaran apakah lovebird sudah bertelur? berapa jumlah telur? sudahkah menetas? karena penasaran ini peternak akan sering mempuyai kebiasaan membuka glodok lovebird. Kebiasan seperti ini sangat buruk bagi lovebird, mereka merasa terganggu efeknya mereka akan membuang, memecah telur - telur mereka bahkan jika sudah menetas anakan lovebird akan dibunuh jika glodok sering -  sering di tengok dan dibuka.

4. Sediakan Unjal untuk lovebird bisa serutan kayu, Serutan kulit jagung, kawol padi yang biasa buat pakan sapi atau ranting pohon cemara sebagai sarang burung lovebird. Ketika masa bertelur insting alami love bird akan muncul mereka akan mencari apa saja untuk dijadikan sarang jika ada kayu mereka akan mengeruti kayu buat dijadikan sarang. Jadi disini tugas si pemilik burung menyediakan bahan yang saya sebutkan di atas. Di saat mengerami sediakan bahan tersebut karena saat mengerami pun lovebird betina akan mencari unjal untuk menyulam dan menata sarang, tetapi jangan di sediakan banyak - banyak takutnya ntar dibawa masuk ke glodok semua jadi kebanyakan unjal telur lovebird bisa keselip dan tidak bisa menetas.

Itulah sedikit tips dari ujaey bob tentang perwatan lovebird saat masa kawin bertelur dan mengerami, semoga bermanfaat ternak lovebird anda lancar selalu panen. Salam lovebird mania

0 Response to "Cara Perawatan Love Bird Pada Masa Kawin Bertelur dan Mengerami"

Post a Comment

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi

Iklan atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel