Cara Afdruk Film Sablon Manual Dengan Lampu

Cara Afdruk Klise Film untuk Sablon Manual

Apa kabar sobat ujaey bob pernahkah anda mensablon atau hanya melihat orang nyablon? Di artikel kali ini saya membagikan tips yang berhubungan dengan kegiatan sablon menyablon. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu cara afdruk film klise dalam persablonan.  Klise atau film sablon merupakan senjata untuk memunculkan gambar tulisan atau logo di screen. Film sablon atau klise biasanya di cetak di mika film, kertas kalkir atau kertas hvs. Kalau saya sendiri menggunakan kertas HVS untuk film sablon 60grm merek Sidu (sinar dunia) .
Sebelum proses pengafdrukan persiapkan dulu alat alatnya antara lain:

1. Screen Emulsion yang sudah di campur sanitazir bisa. Saya disini menggunakan merek ALTA, ada juga merek photoxol
2. Screen untuk di afdruk saya biasa menggunakan T150
3. Alat untuk meratakan emulsion di screen disini saya gunakan potongan seng bekas wadah cat ukuranya sekitar 10cm persegi. Bisa juga gunakan penggaris busur
4. Film Klise yang akan di afdruk saya menggunakan kertas HVS.
5. Minyak Tanah,Minyak Jahit atau Solar.
6. Hair dryer sebagai pengering.
7. Meja afdruk lengkap dengan lampu neon kalau punya jika tidak punya bisa menggunakan tenaga matahari, kaca papan penekan spoon, Kresek hitam buat lapisan spoon penekan.
8. Semprotan burung untuk Menyemprot screen sablon

Ok sekarang dilanjut proses afdruk film sablon manual dengan lampu

Pertama bersihkan screen dari kotoran atau debu hingga menurut anda bersih, bisa dicuci atau dilap dengan kain yang bersih.

Kedua jika sudah benar benar bersih oleskan screen emulsion pada screen dimulai dari luar dahulu dengan rata baru sisi dalam.  Ratakan pastikan benar benar sangat rata. Lalukeringkan dengan hair dryer lama kurang lebih 15 sampai 20 menit hindari kontak dengan cahaya saat pengeringan.
Cara Afdruk Film Sablon Manual Dengan Lampu
foto screen yang di olesi screen emulsion alta dikeringkan dengan hair dryer
Siapkan klise film sablon, saya mengginakan klise film dengan kertas hvs jadi perlu di olesi minyak tanah atau solar dahulu tujuanya biar sama kyak kertas kalkir tembus pandang. Kertas selesai di olesi keringkandengan hair dryer . 
Cara Afdruk Film Sablon Manual Dengan Lampu
foto film klise sablon kertas HVS yang di olesi minyak sebelah kiri
Cek apakah screen yang sudah di olesi screen emulsion sudah kering?  Jika sudah waktunya menempelkan  klise film sablon ke screen atau bisa di kaca meja afdruk.
Taruh screen sablon di meja afdruk kasih spoon yang dibungkus kresek hitam sebagai penekan sekarang kunci penutup meja afdruk
Cara Afdruk Film Sablon Manual Dengan Lampu
foto klise film sablon ditempel meja afdruk
Cara Afdruk Film Sablon Manual Dengan Lampu
foto pemasangan spoon dibungkus kresek untuk menekan screen di meja afdruk
Selanjutnya proses penyinaran screen sablon, nyalakan lampu untuk penyinaran screen biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 7 menit lama penyinaran. kalau menggunakan metode penyinaran matahari waktu penyinaranya lebih cepat antara 1menit. kalau terlalu lama penyinaranya akan alot (atos)

Cara Afdruk Film Sablon Manual Dengan Lampu
ini proses penyinaran screen sablon dengan lampu di meja afdruk 

Jika sudah mencapai waktu penyinaran screen lepas pengunci meja sisihkan spoon angkat screen bawa ke tempat penyemprotan. Sebelum screen disemprot sirami air pelan pelan dan rata di awali dari sisi luar dahulu. Setelah itu semprot dengan pelan dimulai  dari sisi luar screen dilanjut sisi dalam screen sampai benar benar gambarnya plong alias tembus. 
Cara Afdruk Film Sablon Manual Dengan Lampu
foto saat proses pembilasan screen dengan air belum saya semprot sudah terlihat gambar mereknya
Jika sudah lalu tinggal jemur di terik matahari untuk pengeringan. Kalau screen sudah kering siap untuk sablon menyablon.
Cara Afdruk Film Sablon Manual Dengan Lampu
ini hasilnya suah jadi afdruk merek buat sablon manual
Sekian dan terima kasih sudah membaca tips cara afdruk film sablon manual (klise sablon) menggunakan metode penyinaran Lampu Neon semoga bisa menjadi manfaat

0 Response to "Cara Afdruk Film Sablon Manual Dengan Lampu"

Post a Comment

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi

Iklan atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel