Cara Mudah Mengecek Telur (Egg Candling) Pada Lovebird

Cara Mudah Mengecek Telur (Egg Candling) Lovebird Isi atau Tidak

Apa kabar sobat ujaey bob dimanapun kalian berada selamat siang pagi sore atau pun malam, khususon bagi pecinta lovebird masih fighterkah dalam beternak lovebird di keaadan harga jualnya yang super anjlok dan hancur. Bagi sebagian orang yang beternak lovebird didasari mencari uang banyak yang mengeluh gulung tikar alias stop. Beda cerita yang beternak karena hobi atau suka maka masih jalan dan tetap beternak.

Pada kesempatan kali ini saya mencoba memberikan sedikit tips bagi peternak entah itu lovebird atau yang lain, tips kali ini tentang cara egg candling. Apa itu egg candling? Egg candling ialah kegiatan untuk mengecek suatu telur apa telur lovebird tersebut  berisi embrio atau tidak selain itu juga untuk mengecek perkembangan telur pada masa pengeraman. Kapan waktu yang tepat untuk mengecek telur yang isi atau tidak pada lovebird? Pada umumnya waktu yang tepat untuk cek telur lovebird tersebut isi atau tidak ialah satu minggu pengeraman dari telur terakhir. Karena pada usia pengeraman satu minggu telur sudah terlihat jelas urat-uratnya jika berisi embrio. Lalu bagaimana cara cek telur lovebird isi atau tidaknya? Sebelum pengecekan alangkah baiknya persiapkan dahulu beberapa hal serta alat - alat yang dibutihkan.

Alat yang dibutuhkan untuk egg candling mengecek telur lovebird

1. senter telur
2. waslap atau kain yang lembut kering.
3. Sarung tangan untuk keamanan sewaktu - waktu digigil lovebird

Cara melakukan egg candling (mengecek telur) Lovebird

1. Cuci tangan dahulu yang bersih dan keringkan.
2. Buka glodok dengan hati - hati usahakan indukan agar tidak kaget atau stres. Saat induk sudah keluar tutup pintu glodok.
3. Nyalakan senter pengecek telur atau lampu flash Handphone.
4. Ambil telur pelan - pelan taruh di atas lampu senter atau lampu flash handphone cek dengan teliti dan hati - hati apabila ada berserat merah berarti berisi dan apabila bening polos berarti tidak berisi.

Cara Mudah Mengecek Telur (Egg Candling) Pada Lovebird

5. Sisihkan telur yang tidak berisi jangan dimasukkan kembali ke glodok. Masukkan kembali telur yang isi ke glodok.
Cara Mudah Mengecek Telur (Egg Candling) Pada Lovebird

6. Tutup glodok dan ambil kembali penutup glodok agar induk memgerami.
7. Selesai bisa ditunggu waktu menetasnya.

Cara Mudah Mengecek Telur (Egg Candling) Pada Lovebird
CONTOH PERJALANAN EMBRIO TELUR LOVEBIRD

Sebagai catatan tidak semua indukan lovebird bisa kita praktikkan untuk egg candling, dikarenakan ada indukan yang agresif dan sensitif. Jika dilakukan egg candling bisa berakibat fatal telur dipecah oleh indukan

0 Response to "Cara Mudah Mengecek Telur (Egg Candling) Pada Lovebird"

Post a Comment

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi

Iklan atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel