Wisata Air Terjun Pacoban Tretes Wonosalam Jombang

Alamat Lokasi Air terjun Tretes Pengajaran Wonosalam Jombang

Indonesia merupakan Negara yang memliki keindahan alam yang luar biasa dan mengagumkan. Banyak tempat yang berpotensi menjadi tempat wisata yang menjanjikan pesona keindahannya. Salah satunya adalah air terjun tretes Pengajaran yang ada di Jombang Jawa Timur. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Jawa Timur dan tertinggi ke 3 di Indonesia. Dengan keadaan alam yang masih alami dan terjaga tentunya ini akan menjadi salah satu tempat berlibur yang bisa kita pilih. Air terjun ini merupakan hulu dari sungai sumber watu bonakah.

Wisata Air Terjun Pacoban Tretes Wonosalam Jombang

Letak air terjun tretes Pengajaran dalam komplek gunung Anjasmoro
dengan diketinggian sekitar 1250 mdpl serta memiliki tinggi sekitar 158 meter, air terjun tretes Pengajaran akan terlihat begitu indah. Suasananya masih asri dan terjaga karena berada di kawasan Taman hutan raya ( tahura ) Raden Soeryo di gunung Jurug Guah. Kita bisa menikmati udara yang masih segar dan kenyamanan saat melihat dua aliran air terjun tretes ini. Jika kita datang ke dusun Pengajaran Wonosalam Jombang, maka berkunjunglah ke air terjun tretes untuk menikmati keindahannya.


Wisata Air Terjun Pacoban Tretes Wonosalam Jombang

Air terjun ini disebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Malang dan sebelah selatannya lagi Kabupaten Kediri. Dan secara geologis Malang merupakan kawasan batuan hasil gunung api kuarter tua. Air terjun tretes juga memiliki curah hujan berkisar 5.856 mm/th. Jika kita datang melalui Jombang kita akan parkir kendaraan kita di lokasi sekitar yang sudah disediakan oleh warga. Lalu kita akan melewati jalan setapak untuk sampai di air terjun tretes kurang lebih 5 km.

Dan jika kita datang melalui wilayah kabupaten Kediri kita bisa menngunakan mobil jeep karena jalan yang dilalui berbatu dan terjal. Jadi tidak dapat menggunakan kendaraan untuk sampai  ke lokasi air terjun.

Perjalanan yang akan dilalui menuju air terjun tretes wnosalam

Sepanjang jalan kita akan menjumpai pepohonan, akan ada beberapa warung tempat persinggahan untuk beristirahat. Dan terkadang kita akan berjumpa dengan kelompok-kelompok lain, sehingga perjalanan akan semakin ramai dan menarik. Dengan suhu rata-rata 24 derajat selsius kita akan merasakan kesejukan yang alami. Karena jarak yang lumayan jauh, lebih baik kita mempersiapkan banyak hal sebelum berangkat menuju lokasi. Semua perbekalan harus siap dan jangan sampai tertinggal serta pastikan kita berada dalam kondisi yang sehat.



Jalan setapak yang akan dilalui tentunya menambah pengalaman berlibur kita menjadi lebih seru dan mengesankan. Air terjun tretes Pengajaran ini akan memberikan banyak hal menarik dan menyenangkan untuk kita. Meski harus berjalan melalui jalan yang jauh, namun rasa lelah akan terbayarkan saat kita melihat keindahan air terjun nanti.

Legenda yang dimiliki air terjun tretes wonosalam Jombang

Dikenal oleh penduduk sekitar kisah dari air terjun tretes Pengajaran ini yaitu berawal dari cerita seorang pejabat perkebunan yang bernama Tekad. Dia berusaha menanam pepohonan di sekitar air terjun tretes yang kita kenal saat ini. Karena tidak ada air yang keluar dari sana, tanaman yang ia tanam tidak tumbuh sehingga menjadi gagal. Akhirnya Tekad bercerita dan meminta bantuan warga sekitar untuk melakukan ritual di sana. Warga sekitar pun akhirnya membantu tekad dengan melakukan ritual membuat tumpeng dan sesajen lain.

Dalam ritual itu di bawa sepasang kucing sebagai persembahan untuk dikawinkan di sana. Ternyata menurut warga setempat ritual berhasil dan keluarlah air setetes demi setetes, sehingga akhirnya dikenal dengan sebutan air terjun tretes. Sejak tahun 1930 air terjun tretes Pengajaran dikenal dan dijaga keasliannya. Kisah itu tersebar hingga saat ini menjadi legenda yang selalu diingat oleh warga sekitar.


Beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkunjung ke air terjun tretes wonosalam

Seperti halnya berkunjung ke tempat wisata yang lain, kita harus menjaga tata tertib dan menjaga kelestarian tempat wisata alam yang kita kunjungi. Begitupun dengan berwisata ke air terjun tretes, jangan sampai kita mengotori lingkungan dengan membuang sampah sembarangan dan merusak alam serta fasilitas yang di sediakan di sana. Sabaiknya juga kita mengikuti peraturan untuk tidak mandi dan berenang di air terjun, karena aliran air yang sangat deras akan sangat berbahaya untuk kita.

Wisata Air Terjun Pacoban Tretes Wonosalam Jombang

Jika ingin bermain air, bermainlah di tempat yang aman dan tidak terlalu deras aliran airnya. Dan sudah pasti kita harus menyiapkan baju ganti mengingat jarak yang akan kita tempuh untuk pulang. Jangan sampai kita kedinginan karena pulang dengan pakaian yang basah dan kedinginan. Berpikirlah dengan matang dan persiapkan perlengkapan sebaik mungkin jika kita berencana membawa anak-anak dalam liburan ke air terjun tretes. Dengan memperhitungkan jarak yang akan ditempuh, kita harus benar-benar mempersiapkan segalanya.

Menjaga alam dan mempertahankan keasrian alam Indonesia
Sebelum berencana berlibur ke tempat atau Negara lain, lebih baik kita berwisata ke tempat-tempat wisata alam di Indonesia. Yang tentunya tidak kalah indah dan menarik dengan tempat wisata yang lain. Air terjun tretes pengajaran bisa kita masukan ke dalam list tempat wisata alam saat kita berada di Wonosobo Jombang Jawa Timur. Nikmati keindahan alamnya dan berbanggalah karena kita merupakan warga Negara Indonesia yang kaya akan pesona wisata alamnya.

Menjaga keaslian alam kita adalah hal yang harus kita lakukan sebagai warga Negara yang baik, saat memiliki tempat wisata alam yang berpotensi. Jagalah lingkungan saat kita berkunjung ke setiap tempat wisata. Nikmati keindahan alam tanpa merusaknya adalah usaha kita untuk melestarikan keindahan alam.

Berikan dukungan agar wisata alam Indonesia semakin berkembang
Saat ini warga sekitar air terjun tretes mulai menyadari potensi wisata alam yang dimiliki dusun Pengajaran ini. Mari dukung perkembangannya dengan memberikan ulasan menarik atau menganjurkan teman dan sudara untuk berkunjung. Masukan air terjun tretes ini kedalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Jawa Timur. Karena telah disampaikan oleh Bupati Jombang bahwa pemerintah akan serius mengembangkan tempat wisata air terjun ini.

Dengan adanya pengembangan ini tentunya diharapkan agar menarik perhatian banyak pengunjung dan akses menuju air terjun akan lebih dipermudah. Karena sebenarnya, sebelum ramai pengunjung seperti saat ini, air terjun tretes merupakan tempat yang tidak terjamah. Kini sudah semakin berekmbang dan telah dikunjungi oleh banyak wisatawan. Jagalah lingkungan tempat wisata dengan baik demi kemajuan bersama.

Air terjun tretes Pengajaran memiliki cerita tersendiri dengan sejuta pesona dan keindahan alamnya. Dari sejak tidak terjamah oleh masyarakat umum dan para wisatawan hingga saat ini haruslah tetap terjaga keasliannya dan ekosistem yang ada di dalamnya. Kini jangan sungkan lagi untuk mengunjungi tempat wisata alam asli Indonesia. Bangga menjadi warga Indonesia dan bangga menjadi salah satu orang yang menjaga kelestariannya.

0 Response to "Wisata Air Terjun Pacoban Tretes Wonosalam Jombang"

Post a Comment

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi

Iklan atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel