Wisata Sumber Wuluh Ngoro Mojokerto

Sekilas Tentang Kecamatan Ngoro Mojokerto

Kecamatan ngoro merupakan sebuah kecamatan di kabupaten mojokerto yang lokasinya dekat dengan gunung penanggungan, berada di daerah mojokerto bagian timur berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota mojokerto, terkenal akan daerah industri (daerah pabrik), sebagai contoh daerah NIP ( ngoro industri persada ) serta daerah sekitarnya. Kecamatan Ngoro memiliki sekitar 19 district desa dengan rincian
Desa Bandar Asri, Desa Candi Rejo, Desa Jasem, Desa Kembangsri, Desa Kesemen, Desa Kutogirang, Desa Lolawang, Desa Manduro Manggung Gajah, Desa Ngoro, Desa Purwojati, Desa Sedati, Desa Srigading, Desa Sukoanyar, Desa Tambakrejo, Desa Tanjang rono, Desa WatesNegoro, Desa Wonosari, Desa Wotanmasjedong. Dari 19 desa tersebut saya akan membahas satu desa wonosari dikarenakan mempunyai tempat wisata yang unik.

Wisata Baru Sumber Wulu Wonosari Ngoro Mojokerto

Seperti yang saya jabarkan di atas di kecamatan ngoro ini terdapat sebuah wisata unik lain dari pada yang lain. Wisata ini sepertinya mulai ngehits di akun instagram, wisata tersebut bernama sumber wuluh atau sumber wulu. Sumber wuluh adalah sebuah sumber yan membentuk sebuah kolam dengan kedalam tidak lebih 1 meter lebar sekitar 2,5 meter panjang sekitar 5 meter berbentuk huruf L.

Wisata Sumber Wulu Ngoro Mojokerto

Di sekitar sumber kolam dikelilingi banyak sekali pohon besar lebih dari sepuluh pohon serta area persawahan warga membuat daerah sumber wulu ini menjadi adem sejuk segar dan nyess tentunya. Di sisi timur sumber wuluh terdapat pesarean atau punden mungkin makam sesepuh daerah tersebut, karena pas kesitu kemaren saya gak tanya warga sekitar jadi kurang info makam pesarean siapakah tersebut.

Wisata Sumber Wulu Ngoro Mojokerto

Di kolam sumber wuluh juga terdapat banyak sekali berbagai ikan yang warna warni mulai dari ikan koi ikan tombro, ikan patin, ikan nila, ikan tawes, ikan mujair dan masih banyak lagi. Ikan ikan tersebutlah yang menjadi daya tarik dari kolam sumber wulu terutama bagi anak - anak. Sumber Wuluh selain sebagai tempat wisata sumber ini manfaat utamanya sebagai pengairan sawah ladang warga sekitar terutama di musim kemarau seperti ini.

Wisata Sumber Wulu Ngoro Mojokerto

Di sisi utara sebenarnya masih ada 2 kolam sumber yang lebih besar dan agak dalam yang isinya ikan nila masih kecil - kecil, 2 kolam sisi utara ini tidak terlalu menarik pengunjung mungkin tidak adanya tempat berteduh.

Alamat Lokasi + Rute Wisata Sumber Wuluh Mojokerto

Secara administratif alamat wisata kolam sumber wuluh berada di dusun sidorejo desa wonosari kecamatan Ngoro kabupaten Mojokerto Jawa Timur Indonesia. Berjarak sekitar 1,5 kilometer dari ngoro industri persada (NIP). Dengan rute sebagai berikut dari kota mojokerto ikuti petunjuk ke terminal sampai di terminal dilanjut mengikuti petunjuk ke mojosari sampai di mojosari ikuti petunjuk ke NIP  Kecamatan Ngoro sampai di perempatan NIP belok kiri arah ke pasuruan, jalan sekitar 1,5 kilometer lihat sisi kiri jalan.

Wisata Sumber Wulu Ngoro Mojokerto
gang masuk wisata sumber wuluh
Sampai menemui gang ada papan Pondok Pesantren Putra Putri Al Barokah Al Falah Assalam "Babussalam" masuk sekitar 500 meter akan sampai menemui pertigaan dekat area persawahan, Belok kiri. Jalan Sekitar 200 meter ada pertigaan belok kiri gang pavin/papin masuk sekitar 200 meter gang pertama belok kiri masuk sampai dah kelokasi. Sebagai tanda saat mulai mendekati area lokasi sumber wuluh ini akan banyak gubug gubug tempat membuat bata warga sekitar.

Wisata Sumber Wulu Ngoro Mojokerto
papan petunjuk wisata sumber wulu

Harga tiket masuk + Fasilitas wisata kolam sumber wuluh sidorejo ngoro.

Untuk masuk ke lokasi wisata sumber wuluh pengunjung tidak dikenakan biaya sepeserpun (gratis masuk) di area di sediakan lahan buat patkir yang luas khusus sepeda motor untuk parkir mobil bisa di depan pintu masuk. Disediakan toilet umum, tempat duduk dari ban mobil di sekitar kolam untuk melihat ikan sembari memberi makan, Penjual makanan dan minuman juga banyak jadi tidak usah khawatir kelaparan terutama orang jualan pentol banyak disini, disisi timur disediakan pendopo buat ngisis sambil leyeh leyeh.
Jadi soal fasilitas sudah sangat memadai.
Biaya parkir sepeda motor 2000. Ntar pas pulang deket pintu ditarik parkir sama emak - emak yang jaga tempat itu.

Baca Juga Wisata Air Terjun Sumber Jodo Kediri
Sebagai catatan khusus kalau berkujung ke wisata sumber wuluh sidorejo ngoro mojokerto bawalah pakan ikan biar gak di cuekin sama ikan yang ada di sumber wuluh. Kalau bawa pakan ikan sudah pasti dah dikrumuni sama ikan sampai habis itu pakan, sampai perut ikan seperti mau meledak.
Itulah sedikit catatan ujaey bob tentang wisata kolam sumber wuluh semoga bisa menjadi referensi liburan akhir pekan anda

2 Responses to "Wisata Sumber Wuluh Ngoro Mojokerto"

  1. kemarin kesitu keren bang tempatnya. terima kasih atas info wisata sumber wuluh

    ReplyDelete
  2. amazing wisata sumber wuluh

    ReplyDelete

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi

Iklan atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel