Belajar Cara Membuat Tulisan Mengikuti Obyek Dengan Corel draw

Trik Cara Membuat Tulisan Mengikuti Obyek

Apa kabarnya kawan – kawan pecinta CorelDRAW, Mungkin di antara kalian pernah melihat suatu tulisan yang mengikuti obyek? Atau sudah pernah membuatkah? Bagi yang mahir dengan corelDRAW mungkin akan terlihat sangat mudah. Di artikel kali ini saya akan memberikan tipsnya membuat tulisan mengikuti obyek dengan coreldrawX4 atau 14. Ok langsung saja kita eksekusi.

Pertama – tama siapkan obyek yang ingin anda beri tulisan untuk mengikutinya. Disini saya memberikan contoh obyek untuk lingkaran. Jadi buat lingkaran dulu dengan elipse tool pada tool box (untuk short cutnya menggunakan F7)
jika ingin menghafal kumpulan short cut corel draw ada di sini Short Cut Corel Draw
sebelum membuat lingkaran ubah dulu drawing unit menjadi centimeter, drawing unit defaultnya inches. Kembali ke membuat lingkaran, di sini sabagai contoh saya buat ukuran lingkaran 5 centimeter lihat gambar di bawah ini:

Setelah selesai membuat lingkaran tekan klik menu teks tool pada tool box ( untuk short cutnya f8 ) klik kan di halaman dan ketik tulisan yang ingin anda buat. Sebagai contoh disini saya ketik Cara Membuat Tulisan Mengikuti Obyek by Ujaey Bob sesuaikan ukuran fontnya. Biar terlihat keren bagus dan rapi. Saya pakai ukuran 12pt dengan font Arial Rounded Mt bold, karena font ini terlihat sederhana dan jelas.

Ok saya anggap 2 tahap sudah selesai. Sekarang aktifkan tulisan tersebut Klik Text di menu bar pilih fit text to path geser tulisan mendekati obyek dan sampai mengikuti bentuk obyek tersebut. Anda bisa mengatur jaraknya mau membuat mirror tulisanya terbaca terbalik dan juga sebagainya menunya ada di property bar.
Baca Juga Cara Mengubah File Coreldraw ke Artcam untuk CNC
Jika anda ingin memisahkan tulisan dengan obyek yang terhubung dengan tulisan cukup di break part text apart. Caranya di menu bar klik arrange lalu pilih break part text apart atau juga bisa menggunakan short cut Ctr+K.
Trik Cara Membuat Tulisan Mengikuti Obyek

Kalau ingin membuat tulisanya bergelombang ya kita buat dulu gambar vector bergelombang. Pertama kita buat garis dengan freehand tools klik tekan ctrl lalu tahan dan klik lagi sesuai ukiran yang di inginkan. Setelah itu gunakan shape tool short cutnya f10 lalu convert line to curve setelah itu aktifkan 2 titik line yang pada garis lalu adds line.

yang saya kasih tanda bulat itulah titik dari line

Ubah lompatan pada coreldraw menjadi misanya 0.25 kalau ukuran standartnya 0.025 caranya ubah lompatan jangan ada gambar yang actif di halaman bisa dengan menekan esc, Di property bar akan muncul ubah lompatanya.
0,25 itu langkah kecepatan lompatan unitnya centimeter

Saya anggap sudah faham , kembali lagi ke gambar garis yang kita buat tadi notenya kita geser ke atas dank e bawah. Dengan 2 lompatan hingga jadi seperti ini.

Trik Cara Membuat Tulisan Mengikuti Obyek

Lalu kita ketikkan cara membuat tulisan mengikuti obyek by ujaeybob, setelah itu ikutilah langkah seperti awal. Jadilah seperti ini, Jika ingin memisahkanya dengan obyek tinggal break part caranya seperti di atas.
Trik Cara Membuat Tulisan Mengikuti Obyek

Semoga tips sederhana dari ujaey bob ini bisa bermanfaat untuk teman teman yang ingin belajar coreldraw

0 Response to "Belajar Cara Membuat Tulisan Mengikuti Obyek Dengan Corel draw"

Post a Comment

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi

Iklan atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel