Pantai Sanggar


Selayang Tentang Desa Jengglungharjo Tulungagung

Jika kalian ingin menikmati ketenangan hidup jauh dari hiruk pikuk keramaian kota bercengkrama dengan alam berkunjung saja ke Dusun Ngelo Desa Jenglungharjo Kecamatan Tanggunggunung Tulungagung. Merupakan desa pelosok terpencil yang jauh dari pusat kota tulungagung, eizt jangan dipandang terpencilnya, meski desa ini terbilang daerah pelosok pesisir desa ini menawarkan sejuta keindahan alam terutama Pantai yang menjadi andalanya. Beberapa pantai di Desa Jenglungharjo antara lain Pantai Sanggar Pantai Pathuk Gebang, Pantai Jung Pakis dan Kedung aqua atau kalipucung. Dari semua pantai tersebut masih sangat alami dan indah karena keindahanya pantai pantai tersebut terkenal sampai mancanegara. Jadi jangan heran kalau pantai pantai tersebut sering di kunjungi turist mancanegara.



Pantai Sanggar Tanggunggunung Tulungagung


Dari keempat pantai di desa jenglungharjo hanya pantai sanggar yang terbilang agak mudah di jangkau oleh pengunjung (mudah oleh warga setempat bagi kita akan terlihat sangat ekstrim). Pantai sanggar memiliki garis pantai yang lumayan tidak terlalu panjang juga tidak terlalu pendek, dengan tipe pasir yang putih lembut halus menggoda siapapun untuk bermain pasir di pantai sanggar. Bibir pantai sanggar terbilang pendek cekung dan tidak landai sehingga waktu surut pantai ini akan terlihat banyak bebatuan dan terumbukarangnya. Di sebelah sisi timur pantai terdapat muara sungai yang menjadi pemisah antara pantai sanggar dan pantai ngalur, juga bukit yang pendek menjadi pemisahnya.

Pantai Sanggar
muara sungai pantai sanggar
Di sisi barat terlihat banyak tebing bebatuan karang yang terhempas ombak, Tebing sisi barat pantai sanggar biasa di jadikan tempat memancing oleh warga sekitar. Jika beruntung dari tebing barat pantai sanggar ini kalian bisa melihat lumba – lumba melintas di pantai sanggar.



Lokasi, Fasilitas, Tiket Masuk Pantai Sanggar


Seperti yang saya katakan di atas Lokasi Pantai Sanggar berada di dusun ngelo desa Jenglungharjo kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Provinsi  Jawa Timur Indonesia. Pantai sanggar berjarak sekitar 47 kilometer dari pusat kota tulungagung


Pantai Sanggar
Sisi barat pantai sanggar di depan tampak tebing buat tempat memancing
Fasilitas di pantai sanggar belum lah memadai hanya ada 1 warung makan di pantai ini itupun buka ketika waktu hari libur akhir pekan maupun libur nasional, belum ada toilet juga tempat ganti pakaian, Tempat beribadah seperti mushola khususnya juga belum ada. Jalan menuju ke lokasi dari dusun ke pantai sanggar juga masih jalan setapak berupa cor beton istilahnya jalan rabat,sekitar 500 meter mendekati pantai berupa tanah dan menyebrangi sungai dengan jembatan kayu.


Pantai Sanggar
ujaey bob cek pantai sanggar hehe
Tiket Masuk Pantai Sanggar waktu kesana kemarin di kenai retribusi sekitar 3000, menurut saya ini bukanlah tiket masuk hanya saja warga meminta sumbangan buat pembutan jalan atau perawatan jalan, cukup sangat murah itu dengan keindahan yang di tawarkan oleh pantai sanggar.



Rute Menuju Lokasi Pantai Sanggar


Pantai Sanggar
beberapa papan petunjuk dekat ke lokasi pantai sanggar
Untuk rute termudah menuju pantai sanggar sebagai berikut Jika anda dari pusat kota tulungagung ikuti petunjuk ke Campurdarat atau Pantai Popoh, Sampai di pertigaan SMA campurdarat belok kiri ikuti petunjuk ke kecamatan Tanggunggunung, jalan terus sekitar kurang lebih 10 kilometer mungkin sampai menemui pasar tanggunggunung. Saat di tengah perjalanan anda akan menemui Papan petunjuk ke pantai Brumbun, Pantai Sioro yang masih satu kecamatan dengan pantai sanggar.


Jika sudah ketemu pasar tanggunggunung ikuti jalan turunan dari situ kalian akan menemui papan petunjuk kecil juga banner ke pantai sanggar. Ikuti terus petunjuknya sampai ke lokasi desa jengglungharjo.

Untuk Rute kedua mengikuti rute petunjuk ke pantai sine sebagai berikut dari kota tulungagung ikuti papan petunjuk ke ngunut sampai di pertigaan timur IAIN belok kanan ikuti papan petunjuk ke pantai sine, jika sudah sampai di pantai sine anda bisa menggunakan jasa perahu untuk menyebrangi sungai yang menjadi pembatas antara Pantai sine kalidawir dengan dusun ngelo jengglungharjo letaknya berada di ujung selatan pantai sine. Rute ini hanya bisa di lalui oleh kendaraan roda dua (sepeda motor).
Untuk mobil bisa parkir di pantai sine di lanjut jalan kaki ke desa jengglungharjo, namun cukup jauh sekitar 1kilometer bisa buat olahraga hehe sampai di dusun ngelo baru sewa ojek warga atau bisa sewa ojek teman saya (cari saja di dusun ngelo situ mas adi kancil biasanya teman saya ini jasa ojek) untuk ke lokasi pantai sanggar biaya ojek biasanya 10000 ribu hingga 30000 ribu sekali jalan tergantung ukuran dan berat yang dibonceng.

Rute kedua ini kemarin saya pakai waktu pulang dari pantai sanggar. Dan rute ini sangat tidak recommended pada waktu musim penghujan, karena jalanya berupa rawa tanah liat kadang banjir.


Itulah sedikit pengalaman ujaey bob ke pantai sanggar, semoga catatan sederhana ini bisa jadi referensi liburan akhir pekan anda. Bila ada salah info atau apapun bisa tinggalkan oret oret di kolom komentar

Pantai Sanggar
kalau ini teman saya bang Arif Online Kediri dan Bang Adi Kancil warga setempat yang sudah mengantar ke pantai sanggar
Video Pantai sanggar dari bukit pemisah pantai ngalur

7 Responses to "Pantai Sanggar "

  1. keren gan pantainya jadi pengen kesana hehehe

    ReplyDelete
  2. It's a shame you don't have a donate button! I'd
    definitely donate to this superb blog! I suppose for now i'll settle for book-marking and adding your
    RSS feed to my Google account. I look forward to fresh updates and
    will talk about this website with my Facebook group.
    Talk soon!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks For visit ujaey bob bro. this is beutiful beach from tulungagung

      Delete
  3. bang kapan mantai lagi ke tulungagung? boleng gabung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi libur ke pantai dulu bro. istri lagi hamil.
      trima kasih sudah mampir di ujaey bob

      Delete

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi

Iklan atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel