Friday, January 19, 2018

Membuat Efek Raster dengan CorelDRAW Untuk Sablon

Membuat Efek Raster dengan CorelDRAW

Apa kabarnya para pecinta CorelDRAW, Sudah lama ujaey bob tidak membuat trik dan tips CorelDRAW. Kali ini saya akan membuat tips sederhana tentang cara membuat efek raster Dengan CorelDRAW untuk di aplikasikan buat sablon. Untuk programnya saya disini menggunakan CorelDRAWX4. Mungkin di antara kalian pernah melihat efek sablon bintik2 atau raster bingung bagaimana cara membuatnya. Sebenarnya itu mudah – mudah agak susah hehe. Disini saya akan memberikan contoh membuat efeknya pada alas sandal atau juga biasa di sebut in sole.

Proser membuat efek Raster dengan corelDraw X4 untuk sablon

Pertama - tama siapkan gambar vector buat mal sandalnya, disini saya anggap kawan – kawan sudah mempunyai gambar mal tersebut seperti pada gambar di bawah tersebut.
Setelah kalian menyiapkan mal ubah line vector menjadi 1.5 point atau kalau dalam ukuran millimeter menjadi 0.6 milimeter. Setelah itu ubah warna line menjadi orange dengan menklik kanan kalau anda menklik kiri akan mengisi warna line.
Membuat Efek Raster dengan CorelDRAW Untuk Sablon

Jika sudah klik menu Interactive Countour Tool lalu atur Inside Outside ataupun To center, Untuk Inside kalau mau memberi efek contour ke dalam dan outside kalau mau member efek keluar. Kalau tips saya ini menggunakan efek contour inside. Di lanjut dengan mengisi contour steps misalnya disini saya isi 60. Untuk kolom contour offset saya 0.02 ukuranya centi meter. Dan pilih serta aktifkan pula linear countour colour, biar tidak bingung perhatikan gambar di bawah ini.
Membuat Efek Raster dengan CorelDRAW Untuk Sablon

Dan ini asil jadinya setelah di beri efek contout

Membuat Efek Raster dengan CorelDRAW Untuk Sablon


Maksud dari countour step 60 disini adalah jumlah langkah contournya sedang 0,02 disini adalah jarak countournya. Dari sini sudah faham mari kita lanjutkan tahap selanjutnya
Klik Desain vektor yang sudah selesai kita contour tadi dan jadikan gambar bitmap berupa grayscale dengan cara sebagai berikut.
Membuat Efek Raster dengan CorelDRAW Untuk Sablon

Klik bitmap pada menubar posisi gambar sudah harus aktif, pilih convert to Bitmap maka akan muncul tampilan menu convert to Bitmap, ubah color mode menjadi grayscale 8bit. Centang colom apply icc profile sera centang juga kolom anti aias pada options di bawahnya. Klik ok. Seperti pada gambar di bawah ini.
Membuat Efek Raster dengan CorelDRAW Untuk Sablon

Dari sini proses tahap pertama dan kedua sudah selesai begini hasilnya jika di bitmap mode grayscale. Ok  sudah hamper selesai di lanjut ke tahap selanjutnya
Aktifkan gambar yang menjadi grayscale tadi klik bitmap lagi pada menu bar pilih color transfom lalu pilih halftone. Atur max dot radius dan juga black nya, kalau saya sendiri max dot radiusya biasa nya 7 tergantung selera kawan – kawan. Lalu klik OK jadilah seperti gambar di bawah ini.
cara pilih menu efek halftone
hasil bitmaps grayscale yang di beri efek halftone

Sebenarnya dari sini sudah selesai namun masih kurang maksimal jika dibuat untuk film klise sablon.So jadi kita bitmap lagi menjadi blackwhite dengan cara klik bitmap convert to bitmap pilih black white (1bit) lihat perbedaanya pada gambar di bawa ini.
Membuat Efek Raster dengan CorelDRAW Untuk Sablon

Setelah selesai di convert bitmap black white (1bit) masih ada proses berikutnya lagi, sangat panjang ya prosesnya? Heehehe.

Kalau di praktikkan langsung sebenarnya mudah. Untuk proses sehabis bitmap black white kita lakukan trace bitmap gunanya agar gambar yang kita bitmap tadi berubah menjadi gambar vector bukan bitmap. Untuk proses tracenya langsung saja aktifkan gambar pilih menu trace bitmap pada property bar. Pilih out line trace next pilih high quality image seperti gambar di bawah in.
Membuat Efek Raster dengan CorelDRAW Untuk Sablon
proses Trace Bitmap
Biasanya setelah proses trace bitmap akan ada gambar vector yang hilang, bisa kita akali dengan mengambil gambar vektor yang ada disamping-sampingnya untuk menambalnya. Dari sini proses membuat raster atau efek halftone nya sudah selesai beginilah jadinya.

Membuat Efek Raster dengan CorelDRAW Untuk Sablon 
yang dilingkari adalah hasil trace bitmap yang hilang atau complong.

Begitulah trik sederhana dari Ujaey bob cara mebuat Raster atau biasa di sebut efek halftone untuk sablon dengan Menggunakan corelDraw selamat mencoba semoga membantun kawan - kawan pecinta corelDraw


Artikel Terkait

Membuat Efek Raster dengan CorelDRAW Untuk Sablon
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi