Fakta Menarik Coban Raksasa Malang Jawa Timur

Alamat Lokasi Coban Raksasa Malang Jawa Timur

coban raksasa berada di desa ngadas kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Untuk sampai desa ngadas anda bisa melalui jalur gunung bromo dari arah tumpang malang. Sesuai namanya wisata coban raksasa berada di kawasan taman nasional bromo tengger semeru (tnbts) memang air terjun yang sangat besar. Ketinggian coban raksasa ngadas mencapai +/- 250 meter, dan sedangkan jumlah debit air yang jatuh dari sungai amprong mencapai 450 liter per detik, bisa anda bayangkan?
coban raksasa sendiri terbagi dua bagian air terjun pada bagian pertama ketinggianya kurang lebih 25 meter. Pada bagian kedua ketinggianya mencapai kurang lebih 250 meter.

dokumentasi radar malang

Karena coban raksasa begitu besar dan tingginya air yang jatuh suaranya terdengar cukup jauh dari area coban. Bahkan keberadaanya udah terlihat dari kejauhan di antara rerimbunan hutan pinus.
Nama coban raksasa di berikan warga desa ngadas Poncokusumo ternyata bukan hanya karena ketinggian air terjun ini. Tetapi juga karena cerita yang melekat di coban raksasa desa ngadas, Konon di daerah sekitar kawasan coban raksasa tinggal yang sakti mandraguna yang tidak terkalahkan bernama satumi. Dia bersemedi di air terjun tersebut satumi tidak hanya sesumbar sakti mandraguna tidak terkalahkan tetapi juga terlalu congkak. Karena kecongkanya dia pun dapat di kalahkan di coban raksasa. Cerita itu diyakini warga sebagai pesan - pesan moral yang hingga saat ini masih di pegang teguh. Yakni dengan bersikap dengan berhati - hati saat memasuki kawasan coban raksasa. Setiap pengunjung yang mengunjungi coban raksasa tidak boleh berfikiran buruk berkata tidak sopan, harus menjaga sikap apalagi sampai merusak alam.

Foto Nature Explore wordpres

Rute Coban Raksasa

Untuk rute coban raksasa mencapainya tidaklah mudah di butuhkan perjuangan extra keras dari perkampungan hingga desa ngadas hanya bisa di lalu dengan jalan kaki. Jaraknya kurang lebih 7km bisa di tempuh selama 4jam lebih dengan medan yang sangat berat. Perjalanan di mulai dari pertanian penduduk yang berbatasan dengan hutan belantara. setelah sampai di ujung perbatasan pertanian warga dengan hutan belantara. bisa menitipkan kendaraan pada penduduk Kondisi Jalanan menurun menuju coban raksasa menyisir jalan setapak di antara pohon pinus, Terbentang pegunungan yang mengelilingi kawasan ini.

Setelah 1,5 Jam perjalanan suara aliran coban raksasa mulai terdengar. tidak lama kemudian terlihatl coban raksasa di antara rerimbunan hutan pinus. Semakin dekat Air terjun ini semakin besar namun tidak terlihat jatuhnya aliran coban raksasa. perjalanan di lanjutkan untuk mencapai air coban raksasa yang jatuh. Setelah 4jam melewati medan yang berat.Maka sampailah anda di aliran sungai coban raksasa yang masih perawan ini. Aliran sungai inilah satu satunya jalan untuk mencapai tempat jatuhnya coban raksasa, hempasan angin di sekitar coban raksasa sangat kencang, tetapi bila sudah sampai coban raksasa desa ngadas anda akan terpessona oleh keindahanya.

Catatan untuk sebagai info tambahan pengunjung yang mau ke coban raksasa wajib safety dengan kondisi prima peralatan hiking serta keahlian sebab turun tebing sekitar 250meter. wajib guide biaya dari info teman sekitar 1 juta. Sebab coban raksasa desa ngadas ini sangat sangat ekstrim.

Semoga catatan sederhana ujaey bob ini bisa membantu. Sumber catatan dari beberapa web yang sudah mengulas lebih dulu

1 Response to "Fakta Menarik Coban Raksasa Malang Jawa Timur"

  1. It's going to be ending of mine day, but before end I am reading this great article to increase my know-how.

    ReplyDelete

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi

Iklan atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel