Air Terjun Sedudo

Alamat Lokasi, Akses Rute, Harga Tiket Masuk, Fasilitas + Mitos Air Terjun Sedudo

Warga Jawa Timur siapa yang belum kenal dengan Air Terjun Sedudo? Wisata Air Terjun paling terkenal di kabupaten Nganjuk. Hampir Semua warga jawa timur mengenalnya.

Air terjun sedudo terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk Propinsi Jawa Timur. Berjarak sekitar 30km arah selatan kota Nganjuk berada di ketinggian sekitar 1438 Mdpl. Air Terjun Sedudo memiliki ketinggian sekitar 105 meter dengan fasilitas yang memadai seperti mushola,toilet,warung dan tempat parkir. Harga tiket masuk ke Air Terjun Sedudo sekitar rp 12.000 bisa berubah sewaktu - waktu.

Mungkin satu - satunya di Kabupaten Nganjuk wisata Air terjun dengan fasilitasnya yang memadai dengan jalur trasnsportasi yang bagus dan mudah cuma air terjun sedudo ini, karena juga sudah terdapat papan petunjuknya.

Setiap malam 1 syuro ( bulan penanggalan jawa ) air terjun sedudo selalu ramai karena ada mitos barang siapa mandi di bawah air terjun sedudo pada waktu malam satu syuro maka akan awet muda.
Rute Air Terjun sedudo dari kota nganjuk arahkan ke kecamatan sawahan ikuti papan petunjuk yang tersedia tiap sudut kabupaten nganjuk. Bisa juga memakai angkutan umum turun di Sawahan.
Semoga catatan sederhana ini bisa membantu
Foto bangpaijo di instagram

Ritual Siraman di Air Terjun Sedudo

Prosesi Ritual Siraman Air terjun sedudo masih sangat di pegang teguh oleh warga sawahan dan bahkan menjadi acara tahunan bagi pemerintah kabupaten Nganjuk. Acara siraman biasa di lakukan setiap tahun baru jawa yaitu bulan syuro tepatnya tanggal 10 syuro.
Prosesi siraman di air terjun sedudo secara umum terdiri dari pementasan tarian tradisional, Larung sesaji, Pengambilan Tirta Amerta serta Mandi bersama. Sebelum acara tari di mulai sesepuh berjalan menuju ke Air Terjun Sedudo, di ikuti dengan sesepuh lainya yang membawa sesaji disusul beberapa penari dan yang paling belakang perjaka dan gadis - gadis perawan.
Acara pertama pementasan tarian tradisional di air terjun sedudo. Setelah selesai di lanjut dengan ritual larung sesaji di kolam air terjun sedudo yang di pimpin Bapak Bupati beserta jajaranya. Setelah selesai dengan larung para penari mementaskan lagi tarian tradisional, Dilanjut lagi dengan pengambilan tirta amerta di air terjun sedudo.
Selesai acara ritual para masyarat berbondong bondong ramai mandi di kolam air terjun sedudo. Yang menurut mitos bisa membuat awet muda.
Jika kalian ingin awet muda berkunjunglah ke air terjun seduo 👍

4 Responses to "Air Terjun Sedudo"

  1. Kalau jadi awet muda malah nyusahin, gak bisa tua-tua :)

    ReplyDelete
  2. Buset 105 meter, indonesia emang jos

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kog yang lebih tinggi di sekitaran jawa timur

      Delete

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi

Iklan atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel