Air Terjun Sumber Manik

Coban manik terletak di desa Blongko kecamatan Ngetos kabupaten Nganjuk Propinsi Jawa Timur. Desa Blongko selain terkenal dengan sentra perkebunan mangga juga menyimpan banyak potensi wisata salah satunya Air Terjun Sumber Manik atau Coban Manik. Coban manik ini mempunyai ketinggian +/- 30 meter dengan aliran yang melebar. Ciri khas dari air terjun Sumber Manik ini pada tebing aliran yang jatuh batunya terlihat seperti Gorila murung, sampai sampai banyak yang menyebutnya Gorila galau.

Saat berkunjung ke air terjun sumber manik akan di suguhkan pemandangan khas pegunungan dengan hamparan sawah warga sekitar. Di tengah perjalanan area persawahan menengok ke sebelah selatan kita akan disuguhkan view Gunung Punjul. Di sisi sebelah utara akan terlihat bekas longsor di dusun dlopo desa kepel yang membentuk bendungan. Dengan air yang terlihat hijau.

Untuk berkunjung ke Air Terjun Sumber Manik ini masih free, belum ada retribusi. Parkir di gubuk ladang warga biaya 5000. dilanjut trekking sekitar 500meter.

Air Terjun Sumber Manik
Tampak Longsor dusun dlopo desa kepel

Sementara rute untuk menuju air terjun sumber manik dari kota nganjuk arahkan ke air terjun sedudo atau kecamatan Sawahan. Sampai di pertigaan jembatan kuncir ambil belok kiri ambil arah desa ngetos atau Candi Ngetos. Dari situ lurus saja sampai ketemu gapura masuk desa blongko. Masih berlanjut perjalanan sekitar +/- 500meter sampai menemukan plang air terjun sumber manik lalu belok kanan ikuti terus papan petunjuk jika bingung bisa tanya warga.
Semoga sedikit catatan ujaey bob ini bisa membantu

0 Response to "Air Terjun Sumber Manik"