Coban Kabejan / Air Terjun Kabejan

Wisata Air Terjun Coban Kabejan, Alamat + Rute Menuju lokasi

Masih tentang seputar wisata air terjun di mojokerto yang tidak akan pernah ada habisnya, Setelah Kemarin – kemarin saya membahas beberapa wisata pantai di kabupaten tulungagung kali ini ujaey bob ingin membahas wisata air terjun yang berada di kecamatan jatirejo Kabupaten mojokerto. Pembahasan kali ini tentang air terjun coban kabejan yang lokasi beralamatkan di desa jembul kecamatan jatirejo kabupaten mojokerto, Jawa Timur Indonesia. Coban Kabejan Merupakan air terjun tunggal dengan karakteristik air langsung terjun kepermukaan yang membentuk cekungan kolam dengan kedalaman 30 centimeter. Coban kabejan memiliki tinggi sekitar kurang lebih 7 meter.


Coban Kabejan / Air Terjun Kabejan
Iwan Jojon


Desa Jembul sendiri pas kemarin berkunjung kesana sepertinya akan di proyeksikan menjadi desa wisata di kabupaten mojokerto khusunya daerah jatirejo, banyak pembangungan jalan terutama yang menuju ke coban kabejan, pelebaran dan pengecoran jalan untuk menuju ke kawasan desa jembul. Menurut info warga desa jembul akan dijadikan obyek wisata desa. Kabarnya akan di buat destinasi kolam renang di atas bukit dan bukit pelangi di desa jembul.

Wisata air terjun coban kabejan Desa jembul yang berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat kota mojokerto, bisa ditempuh dengan kendaraan sepeda motor, mobil pribadi dan elf denga rute sebagai berikut:

Rute air terjun coban kabejan dari kota Surabaya ikuti petunjuk ke mojokerto via bypass sampai menemui pertigaan besar timur pasar brangkal ikuti petunjuk ke jatirejo, dari situ jalan terus sampai menemui jalan gondang – jatirejo belok ke barat menuju pasar jatirejo atau dinoyo. Jika menemui jembatan ada papan petunjuk ke jembul atau rejosari ikuti petunjuk tersebut. Desa jembul berada paling ujung di pegunungan anjasmoro. Saat perjalanan menuju air terjun coban kabejan anda akan disuguhkan pemandanga persawahan terasering khas pegunungan dengan jalan yang berliku di samping jalan terdapat jurang dibawahnya sungai. Tidak usah khawatir jalan menuju desa jembul sudah ok sudah di cor beton.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban kabejan Beserta Fasilitasnya

Harga tiket masuk ke air terjun coban kabejan masih gratis dengan biaya parkir 5000 rupiah parkir dirumah warga setempat, untuk tiket masuk sewaktu – waktu pasti akan di kenakan tarif. Untuk fasilitasnya belum cukup komplit di karenakan wisata baru, di perjalanan menuju lokasi sudah di buatkan tempat beristirahat, dan ada warung warga sekitar. Sebagai antisipasi persiapkan bekal kalian untuk perjalanan.

Coban Kabejan / Air Terjun Kabejan


Cerita Asal Usul Air Terjun Coban kabejan

Asal usul sebauh nama Coban Kabejan sendiri bermula dari LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Mojokerto mendapat kunjungan dari dinas terkait asal Prancis, Yang bertujuan mencari wisata tempat wisata baru di Mojokerto. Dan kemudian LMDH lah yang menangani kelanjutanya.

Coban Kabejan / Air Terjun Kabejan

Dari sekian banyak LMDH, LMDH Rejeki dari desa Jembul kecamatan Jatirejo menemukan sebuah fenomena alam yang masuk kriteria menjadi tempat wisata alam, Tak lain adalah Coban kabejan yang berada di kawasan hutan Jembul. Nama Coban Kabejan Sendiri berasal dari seorang aktivis desa Bapak mujianto, bapak Ainur rofik Sekertaris desa serta Bapak Suliyono Bertugas menjadi Polisi Hutan.

Beliau bertiga saat itu menyusuri hutan desa jembul mencari tempat untuk dijadikan wisata dari wilayah selatan desa Jembul jatirejo hingga Air terjun Coban Kelampok, Yang masuk kriterian untuk dijadikan wisata adalah Coban kelampok dan Coban kabejan. Yang pada saat itu belum memiliki nama, Kemudian tersiratlah di fikiran beliau bertiga nama Kabejan yang artinya keberuntungan (bejo), Keberuntungan beliau bertiga karena mendapat pekerjaan menjelajah hutan desa jembul dan menemukan air terjun. Yang dahulunya hanya bernama coban sekarang di beri nama coban Kabejan. Nama Coban Kabejan pun sudah dipatenkan dan di akui oleh LMDH.

Coban Kabejan / Air Terjun Kabejan

Coban Kabejan / Air Terjun Kabejan

Satu lagi jika berkunjung ke desa Jembul Jati Rejo Mojokerto jangan Lupa mampir ke Air Terjun Selendang tujuh bidadari rejosari.

Berikut beberapa foto hasil jepretanku di coban kabejan:

Coban Kabejan / Air Terjun Kabejan


Coban Kabejan / Air Terjun Kabejan

Coban Kabejan / Air Terjun Kabejan

2 Responses to "Coban Kabejan / Air Terjun Kabejan"

  1. Nice litle waterfall bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sangat keren air terjun coban kabejan. monggo di kunjungi sekarang jg ada bukit pelangi juga kolam renang di desa jembul jatirejo

      Delete

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi

Iklan atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel