Daftar Air Terjun Di Kabupaten Nganjuk

Daftar Air Terjun Di Kabupaten Nganjuk versi Ujaey Bob

pada kesempatan kali ini saya akan merangkum beberapa air terjun di nganjuk baik yang sudah pernah saya kunjungi atau belum berikut daftar air terjunnya

Air Terjun Pacoban
Warga sekitar biasa menyebutnya air terjunya dengan Nama Coban, Air terjun ini belum menjadi wisata. Memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 30 meter dengan aliran air terjun melebar turun langsung kebawah, Lokasi Air Terjun Pacoban Berada di desa kepel kecamatan ngetos berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota nganjuk. rute menuju air terjun pacoban dari pusat kota nganjuk ikuti petunjuk ke air terjun sedudo sawahan sampai di jembatan kuncir ngetos belok kiri ikuti petunjuk ke desa kepel, sampai di depan masjid desa kepel ngetos belok kiri masuk gang kecil menuju sawah dan kebun warga. Dari situlah awal perjalan menuju ke air terjun pacoban desa kepel, Jika kalian bingung bisa Tanya warga setempat.
Untuk tiket masuk masih free parkir diladang warga atau bisa dititipkan di rumah warga. Saran saya minta tolong warga setempat ya sebagai petunjuk untuk ke lokasi air terjun Pacoban biar tidak tersesat, karena air terjun ini belum menjadi tempat wisata. Bisa kasih upah yang layak ya setidaknya minimal 50 ribu atau yang setara satu hari kerja.

awik ceples sedang pose di air terjun pacoban
Air Terjun Pring Jowo
Air Terjun ini sudah di daulat sebagai wisata, namun belum layak untuk dinamakan wisata, dikarenakan jalan menuju lokasinya yang belum layak masih menyusuri sungai dan jalan setapak. Belum banyak yang mengetahui keberadaan air terjun pring jowo ini.
Lokasi air terjun pring jowo berada di dusun Salam judeg desa blongko kecamatan Ngetos kabupaten nganjuk. Berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Nganjuk, hanya bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi sepeda motor dan mobil, Dikarenakan kondisi jalan menuju desa Salam Judeg aspalnya rusak berat sangat menanjak serta turunanya sangat curam, saran saya pakai sepeda motor saja.


Rute menuju air terjun pringjowo. Rute nya dari pusat Kota nganjuk ikuti petunjuk ke kecamatan loceret sampai di pertigaan tugu adipura loceret ikuti rute petunjuk ke air terjun Sedudo Ngliman Sawahan. Sampai di jembatan kuncir belok kiri ikuti rute petunjuk ke candi ngetos dan desa blongko. Dari situ naik terus lurus ke atas sampai desa Salam judeg. Sampai Salam judeg tanya warga lokasi air terjun pring jowo. Kalian akan di arahkan ke hutan pinus. Jangan kuatir warga Salam judge tidak akan menyesatkan kalian, mereka sangat ramah. Huan pinus tersebut di jadikan tempat wisata bukit pelangi yang sekarang mulai hits. Sebelum melangkah ke air terjun pring jowo alangkah baiknya mampir dulu untuk sekedar foto selfie dan mencari foto profil buat akun sosmed di spot spot yang keren bukit salju.

Tiket masuk ke air terjun pringjowo sebenarnya masih free dulu sekitar tahun 2016. Sekarang mungkin ikut tiket masuk bukit salju beserta parkirnya. Dari tempat parkir menuju ke air terjun pringjowo bisa di tempuh dengan jalan kaki sekitar 2kilometer dengan melewati jalan setapak dan menyusuri sungai, saat perjalanan kalian akan menemui beberapa air terjun kecil dengan ketinggian sekitar 1-2 meter. Jangan kuatir pasti sampai di lokasi terbayar tuntas lelah perjalanan kalian saat menikmati keindahan air terjun pring jowo, air nya segar udaranya sejuk.
Belum ada fasilitas apapun di air terjun pringjowo, masih natural alami. Persiapkanlah bekal kalian jika kesini terutama air mineral.

Air Terjun Pacoban Tretes Ngeblak Klodan Ngetos Nganjuk
Air terjun ini baru di buka untuk umum namun keberadaan sudah lumayan begitu terkenal dan ramai pengunjung waktu hari libur biasa atau hari libur nasional. Air terjun pacoban tretes memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 30 meter. Ada ciri khas khusus dari air terjun pacoban tretes terdapat lafadz Allah pada sisi samping air terjun ini. Air terjun pacoban tretes juga menjadi pembatas antara kecamatan ngetos dengan kecamatan loceret. Lokasi air terjun pacoban tretes berada di dusun nglebak kecamatan ngetos kabupaten nganjuk. Berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota nganjuk bisa di tempuh dengan sepeda motor atau mobil pribadi, namun untuk mobil terlalu berat.


Rute menuju air terjun pacoban tretes dari pusat kota nganjuk ikuti petunjuk ke kecamatan loceret sampai di pertigaan tugu adipura nganjuk ikuti petunjuk rute ke air terjun sedudo ngliman sawahan. Naik terus sampai menemui jembatan kuncir. Belok kiri ikuti rute petunjuk ke candi ngetos, dari candi ngetos masih terus ke naik ke atas sampai menemui pertigaan besar. Jika ke kiri menuju klodan kalau ke kanan menuju salam judeg, ambil yang arah kiri sampai menemui pertigaan dekat SMPN Klodan belok kanan 1, 5 km sudah masuk dusun ngeblak. Dari situ tanyalah warga lokasi air terjun pacoban tretes.
Harga tiket masuk ke air terjun pacoban tretes masih free alias gratis. Sudah di sediakan parkir di sekitar ladang warga biaya parkir sekitar 5000 rupiah.


Falisitas air terjun pacoban tretes belum ada sama sekali, hanya di bru sediakan lahan parkir di kebun sama warga setempat. Jalan menuju kelokasinya hanya berupa jalan setapak saat mendekati lokasi kalian akan menemui turunan tebing yang curam, jadi siapkan bekal serta kondisi fisik kalian jika mengunjungi air terjun pacoban tretes

Air Terjun Sumber Manik
Air terjun Sumber Manik,Coban Manik atau Sumber manik. Air terjun keren yang satu ini lokasinya berada di desa Blongko kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk. Air terjun Sumber manik memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 30 meter, dengan aliran air agak melebar.


Ciri khas dari air terjun sumber manik, relief batu pada air jatuh nya sekilas terlihat seperti gorila yang murung nanum itu terlihat jelas jika debit air sedang kecil seperti waktu musim kemarau, jika debet air lagi tinggi akan tertutup oleh aliran air. Di sekitar air  terjun ini banyak sekali air terjun kecil dengan ketinggian yang relative lumayan. Di sisi utara air terjun sumber manik sangat tampak bekas bencana longsor membentuk sebuah bendungan di desa klodan


Rute menuju air terjun sumber manik dari pusat kota nganjuk, ikuti petunjuk ke air terjun sedudo sawahan. Sampai di jembatan kuncir belok kiri ikuti petunjuk ke blongko atau candi ngetos. Dari candi ngetos masih naik ke atas sampai masuk desa blongko, jika sudah masuk desa blongko lihat sisi kanan jalan ada plakat atau papan petunjuk ke air terjun sumber manik. Jarak air terjun sumber manik dari candi ngetos mungkin sekitar 5 Km.
Harga tiket masuk air terjun sumber manik masih free alias gratis. Parkirnya di gubung ladang warga biasanya di kenakan tarif 5000 rupiah. Di dekat gubug ladang warga terdapat tempat kecil biasa di gunakan untuk sholat oleh warga yang berladang.
Belum ada fasilitas apapun di air terjun sumber manik

Air Terjun Singokromo
Air terjun yang satu ini terbilang naik daun sebagai wisata di kabupaten nganjuk. Letak lokasi air terjun singokromo di desa ngliman kecamatan sawahan kabupaten nganjuk masih satu lokasi satu loket juga satu aliran sungai dengan air terjun sedudo. Air terjun singokromo memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 25 meter.

Untuk rute menuju air terjun singokromo ikuti saja papan petunjuk air terjun sedudo yang sudah tersebar di setiap sudut kota nganjuk. Sampai di pintu loket air terjun sedudo tanya penjaga pintu loket lokasi air terjun singokromo. Sebelah kiri jalan kalau dari loket pintu masuk air terjun sedudo, ada papan petunjuk untuk masuk ke lokasinya
Harga tiket masuk ke air terjun singokromo mengikuti harga tiket masuk ke air terjun sedudo, harga tiket masuknya kisaran 10.000 - 15.000 rupiah. Biaya parkir kisaran 3000-5000 rupiah.
Jika berkunjung ke air terjun singokromo jangan lupa kunjungi juga sendang putri wilis yang letaknya berada di atasnya air terjun singokromo.
Fasilitas air terjun singokromo di dekat tempat parkir ada sekitar 2 warung jajan dan minum jadi anda tidak usah kuatir kelaparan.

Air Terjun Grojogan Putri Ayu Rejoso
Air terjun putri ayu ini terbilang wisata baru di kawasan nganjuk, Berada di pegunungan kapur sisi utara kecamatan nganjuk memberikan nuansa wisata air terjun yang sedikit berbeda. Memiliki ketinggian sekitar +/- 10 meter dan bertingkat tingkat, dengan tipe air terjun merambat. Di sekitar lokasi grojogan putri ayu juga terdapat goa sebagai tambahan destinasi wisata di tempat ini



Lokasi air terjun grojogan putri ayu berada di hutan desa sambikerep kecamatan rejoso kabupaten nganjuk jawatimur 64453 indonesia. Berjarak sekitar -/+35 kilometer dari pusat kota nganjuk bisa di tempuh dengan menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi.


Rute menuju air terjun grojogan putri ayu dari pusat kota nganjuk ikuti petunjuk ke rejoso, sampai di kecamatan rejoso cari desa sambikerep yang searah dengan rute ke bojonegoro. Jika bingung bisa tanya warga setempat, disitu sudah ada plakat papan petunjuk ke grojogan putri ayu.
Harga tiket masuk ke grojogan putri ayu rejoso nganjuk sebesar 5000 rupiah. Dan biaya parkirnya sebesar 2000 rupiah
Fasilitas air terjun grojogan putri ayu ada kamar mandi kecil juga tempat buat ganti pakaian

Air Terjun Sedudo Sawahan.
Dari sekian banyak wisata air terjun di kabupaten nganjuk air terjun sedudo inilah yang paling terkenal, merupakan icon wisata kabupaten nganjuk. Air terjun sedudo memiliki ketinggian sekitar 105 meter mendapat predikat wisata air terjun tertinggi dikawasan jawa timur. Beberapa bulan lalu air terjun sedudo ditutup di karenakan sedang berbenah. Dan sekarang sudah selesai menjadi wisata air terjun yang benar benar sangat keren. Terdapat bangunan baru ala eropa di lokasi air terjun sedudo bisa menjadi tambahan spot buat berfoto, kolam air terjun sedudo juga sudah tertata sangat rapi.


Rute menuju air terjun sedudo. Untuk rute menuju air terjun sedudo ini sangat mudah hampir diseluruh pelosok kabupaten nganjuk terdapat papan petunjuk yang mengarah ke air terjun sedudo. Dari kota nganjuk ikuti petunjuk ke loceret sampai di pertigaan tugu adipura ikuti petunjuk ke sawahan air terjun sedudo. Ikuti terus petunjuk sampai ke lokasi. Jika mengendarai kendaraan umum, dari terminal nganjuk di lanjut naik line menuju sawahan sampai di sawahan bisa di lanjut jasa ojek warga setempat.

Harga tiket masuk air terjun sedudo sekitar IDR 13.000 sampai IDR 15.000 dan biaya parkir sekitar IDR 3000. Untuk sepeda motor 5000 untuk mobil, sebagai catatan harga tersebut tidak bisa dijadikan patokan karena sewaktu – waktu bisa berubah.
Untuk fasilitas wisata air terjun sedudo sudah sangat komplit dan jalanya juga sudah ok beraspal mulus sampai ke lokasi meski menanjak dan berkelok kelok. Warung makan ada dengan menu khas nasi jagung dan nasi pecel, kamar mandi tempat ganti pakaian tersedia, mushola juga tersedia. Area parkirnya sangat luas
Jika berkunjung ke air terjun sedudo sempatkan juga mampir ke air terjun singokromo yang masih satu lokasi.

Air Terjun Srigunting
Air terjun Srigunting merupakan satu dari 12 air terjun di desa ngliman sawahan. Letak air terjun srigunting berada di lereng gunung wilis desa ngliman kecamatan sawahan kabupaten nganjuk jawa timur. Air terjun ini belum bisa di jamah dikarenakan kondisi jalannya yang masih ekstrim, harus dengan bantuan warga setempat yang sudah benar - benar mengerti medan area tersebut.



Air terjun srigunting memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 20meter dengan ciri khas struktur batu yang artistik dan fotogenik.
Rute Air terjun srigunting mirip dengan rute air terjun sedudo karena masih satu lokasi.

Air Terjun Kali Anjlok Klodan Ngetos Nganjuk
Air terjun ini merupakan satu dari beberapa wisata air terjun baru di kabupaten nganjuk.
Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan karekteristik terjun langsung
Lokasi air terjun kali anjlok berada di dusun ngleblak kidul desa klodan kecamatan ngetos kabupaten nganjuk jawa timur Indonesia.

Rute menuju lokasi air terjun kali anjlok mirip dengan air terjun pacoban tretes, karena air terjun ini masih satu dusun. Jadi jika berkunjung ke air terjun pacoban tretes sempatkanlah berkunjung ke air terjun kali anjlok.
Belum ada fasilitas yang memadai di air terjun ini

Air Terjun Merambat Roro Kuning Loceret
Air terjun satu ini juga termasuk air terjun yang mudah di jangkau di kawasan nganjuk. Memiliki ketinggian sekitar 10-15 meter berada di daerah kawasan selatan kabupaten nganjuk di ketinggian sekitar 600 MDPL. Air terjun roro kuning aliranya bertipe merambat dan ketika musim kemarau debet air nya begitu kecil berbeda dengan air terjun singokromo.




Lokasi Air terjun merambat roro kuning berada di desa bajulan kecamatan loceret kabupaten nganjuk, Jawa Timur 64471 Indonesia.
Berjarak sekitar kurang lebih 30 kilometer dari pusat kabupaten nganjuk. Dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi mobil ataupun sepeda motor. Desa bajulan sendiri merupakan desa wisata di kawasan nganjuk disini ad penangkaran rusa patung dewi rorokuning dan air terjun mrambat roro kuning ini.


Rute menuju air terjun merambat roro kuning. Jika anda dari kota kediri rute untuk menuju ke air terjun merambat roro kuning sebagai berikut. Dari kota kediri ikuti petunjuk ke kabupaten nganjuk sampai di pertigaan barat pasar pace ambil lurus jangan ke kanan. Lurus terus sampai menemui pertigaan papan wisata bajulan loceret, belok ke kiri. Ikuti terus petunjuk sampai ke lokasi wisata tersebut.


harga tiket masuk ke air terjun merambat rorokuning sebesar 2000 per orang. Biaya parkir sekitar 1000 untuk sepeda motor 5000 untuk mobil sewaktu - waktu harga bisa berubah.
Untuk fasilitas di air terjun merambat roro kuning terbilang lengkap mushola, kamar mandi, tempat parkir dan warung makan sudah tersedia
di atas air terjun ini juga terdapat beberapa air terjun yang masih belum bisa di jangkau wisatawan antara lain pacoban ngunut dengan ketinggian 75meter, pacoban lawe dengan ketinggian sekitar 99meter, pacoban coban dengan ketinggian sekitar 55 meter

Air Terjun Gedangan Sawahan
Air terjun satu ini merupakan wisata air terjun baru di kawasan kabupaten nganjuk terutama di kawasan sawahan.
Lokasi air terjun gedangan di desa gedangan kecamatan sawahan kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Memiliki ketinggian sekitar 10 meter 3 tingkat dengan arus air landai, terdapat kedung ( kolam ) di bawah air terjun bisa buat ngadem sekaligus mandi.
Harga tiket air terjun gedangan masih gratis biaya parkir 5000 kadang ada yang parkir kadang tidak.


Rute jalan menuju air terjun gedangan nganjuk masih ekstrim berupa jalan tanah jika kondisi hujan sangat berbahaya.
Di air terjun ini belum ada fasilitas apapun.

Air Terjun Ngebleng Jatikalen
Kalau yang satu ini merupakan air terjun jenis pegunungan kapur nganjuk bagian utara, identik dengan air nya yang terlihat kehijauan. Air terjun ngebleng mempunyai 4 tingkat dengan ketinggian variatif dari 3 meter 4 meter juga 2meter hingga 3meter.
Lokasi air terjun ngebleng berada di dusun ndoise atau tondowesi desa pule kecamatan jatikalen kabupaten nganjuk jawa timur Indonesia.
Rute menuju air terjun ngebleng dari kota nganjuk - kertosono dilanjut ke jatikalen lalu arah plandaan. Sebelum sampai polsek plandaan belok kiri sampai menemui desa klitih sampai disini cari petunjuk dusun ndoise bisa tanya warga, karena daerahnya membingungkan. Sampai di dusun ndoise bisa tanya lokasi air terjun ngebleng.
Fasilitar air terjun ngebleng belum ada sama sekali hanya tersedia parkir yang di buat oleh warga setempat.

Air Terjun Grojogan Duwur Sumber Miri Lengkong
Biasa di sebut grojogan duwur sumber miri merupakan air terjun yang berada di pegunungan kapur nganjuk bagian utara.
Lokasi grojogan duwur berada di desa sumber miri kecamatan lengkong kabupaten nganjuk.
foto air terjun grojogan duwur sumbermiri lengkong

Rute menuju ke grojogan duwur sumber miri dari kota nganjuk anda bisa ikuti petunjuk baron kertosono lalu ikuti petunjuk ke kecamatan lengkong. Masuk kawasan lengkong cari daerah sumber miri. Perlu diketahui jalan menuju lokasi grojogan duwur sumber miri belum mulus alias masih ekstrim jadi persiapkan kendaraan kalian.
Fasilitas grojogan duwur sumber miri hanya di sediakan tempat parkir dengan biaya IDR5000, harga tiket masuk masih free alias gratis.

Air Terjun Tetes Embun dan Air Terjun Watu Lumbung Sawahan
Air terjun yang satu ini merupakan satu dari beberapa air terjun yang berada di gunung wilis. Masih tergolong air terjun yang baru ditemukan, memiliki ketinggian 50 meter untun air terjun watu lumbung dan 75 meter untuk air terjun tetes embun.
Lokasi kedua air terjun tetes embun dan air terjun watu lumpang berada di desa bendolo kecamatan sawahan kabupaten nganjuk jawa timur, 6 kilo meter dari pemukiman warga bendolo dengan jalan hutan cocok untuk yang berjiwa adventure.
Tidak ada fasilitas apapun di air terjun watu lumbung dan air terjun tetes embun.
Tiket masuk masih gratis.

Ulasan ujaey bob tentang beberapa daftar air terjun di kabupaten nganjuk dapat anda jadikan bahan ngetrip sekalian adventure. Tidak semua info yang saya kasih di atas merupakan sebuah tempat wisata. apabila ada salah info atau ingin menambahkan info juga bertanya bisa tinggalkan comen di kolom komentar


2 Responses to "Daftar Air Terjun Di Kabupaten Nganjuk"

  1. lengkap infonya tentang wisata air terjun nganjuk, terima kasih bang ujaey bob

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan berkunjung ke wisata air terjun di nganjuk

      Delete

Komentar disini jika ada yang di tanyakan atau mau menambahkan informasi

Iklan atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel